Festival Babukung dan 4  Top Destinasi Wisata Lamandau

Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang banyak mengalami kemajuan di bidang pariwisata. Khususnya di Daerah Lamandau.  Kemajuan wisata ini tidak bisa dipungkiri memang sebagai akibat dari aktifnya masyarakat setempat dan pemerintah untuk membangun sektor pariwisata melalui perbaikan destinasi wisata dan penyelenggaraan festival. Festival Babukung adalah salah satunya.

Apa Itu Festival Babukung?

selain menyediakan wisata alam, ada yang unik juga di Nanga Bulik. Ada festival rutin yang biasanya diadakan oleh masyarakat Dayak Tomun. Apa itu? Festival ini dikenal dengan nama Festival Babukung. Festival ini awal mulanya adalah sebuah ritual keluarga saat ada salah satu anggota keluarganya meninggal dunia. Namun sekarang dijadikan sebagai salah satu atraksi wisata karena dipandang memiliki keunikan nilai adat dan tradisi.

Namun perayaan festival Babukung  saat ini punya makna yang berbeda. Bukan lagi sebagai ritual meninggal dunia, tapi kini dijadikan hiburan, tentunya untuk menarik perhatian warga dari luar daerah. Festival Babukung ini diadakan di Komplek Perkantoran Bukit Hibul, Nanga Bulik. Kamu, harus  datang untuk merasakan dan  mengetahui budaya yang sakral ini.

Ouwh iyha, khusus tahun ini, Festival Babukung yang biasanya digelar pada bulan Juli akan diselenggarakan pada tanggal 28-30 November. Pelaksanaannya juga berbeda dari tahun sebelumnya saat masih terjadi pandemic. Tahun ini masyarakat bisa merayakannya secara langsung atau offline dengan mengunjungi lokasi. Terbayang kan keseruannya.

Ada apa di Festival Babukung?

Seperti diketahui, dalam Festival Babukung tahun 2022 juga akan ada sejumlah kegiatan lain mulai dari babukung urban market, karnaval abipura bukung, the spirit babukung, pentas musik etnic gelaran tari bukung, lomang in diversity, ritual adat pagelaran hingga workshop kostum Babukung.

Dan buat kamu yang hobi berburu souvenir liburan serta berwisata kuliner. Tidak perlu khawatir, karena selama festival berlangsung, akan banyak stand kuliner dan UMKM kerajinan masyarakat setempat yang pastinya sangat  layak untuk ditunggu.

4 Wisata Alam Lamandau Paling Hits

Bagi kamu yang mendatangi Lamandau di bulan November ini, sebenarnya tidak hanya kemeriahan festival Babukung saja yang bisa kamu tunggu. Kamu juga bisa berkeliling wisata  di sekitar Lamandau yang masih memiliki keindahan alam secara  melimpah.

Ingin tahu mana saja destinasi wisata favorit yang bisa kamu kunjungi saat ke Lamandau? Yuk cek di bawah ini.

1.   Bukit Sebayan

Bagi kamu yang suka dengan pendakian gunung dan hutan, silahkan kunjungi Bukit Sebayan. Sebayan ini merupakan salah satu bukit yang masih dihimpun oleh hutan-hutan perawan yang tentunya sangat eksotis. Lokasi Bukit Sebayan ini dapat ditempuh sekitar 3,5 jam dari Nanga Bulik.

Selain masih eksotis, lokasinya juga sangat menantang. Menariknya, Bukit Sebayan ini diyakini suku Dayak Tomun yang menganut agama Kaharingan sebagai lokasi surga bagi orang yang telah meninggal.

Jadi, cobalah mendaki bukit bersama pemandu bukit dari warga sekitar, karena masih banyak larangan saat mendaki Bukit Sebayan.

2.   Air Terjun Palikodan

Wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat berada di landau adalah air terjun palikodan. Bagi kamu yang senang melakukan olah raga arung jeram, berkunjung ke air terjun palikodan adalah pilihan yang sangat tepat. Air di sini begitu jernih, namun aliran airnya cukup deras sehingga sering dijadikan tempat untuk bermain arung jeram. Saat berkunjung ke wisata ini jangan lupa mengajak teman untuk bermain bersama untuk melatih kekompakan kalian.

3.   Penangkaran Rusa

Bagi ibu-ibu yang punya anak kecil, tenang. Nanga Bulik menghadirkan wisata aman bahkan juga mengedukasi anak-anak. Wisata alam edukasi ini adalah Penangkaran Rusa. Lokasi penangkaran rusa ini tepat berada di area perkantoran Bukit Hibul, Nanga Bulik. Biasanya, tempat ini akan lebih ramai saat ada hari-hari besar seperti Lebaran. Nah, silahkan datang ke penangkaran rusa ini. Anda akan temui rusa jenis Sambar yang merupakan hewan endemik Kalimantan yang dilindungi.

4.   Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia ini memang bisa terbilang tempat wisata baru di Nanga Bulik. Lokasinya tepat berada di Desa Sumber Mulya, Kecamatan Bulik.

Uniknya, taman wisata yang satu ini mirip dengan taman-taman yang ada di Belanda lengkap dengan kincir anginnya. Kini warga Nanga Bulik dan sekitarnya tidak perlu pergi keluar kota atau bahkan ke Negeri Belanda. Cukup datang ke Taman Bunga Celosia, wisatawan dapat menjumpai suasana pemandangan indah bunga-bunga.

Bagi yang suka foto, Tempat Wisata di Nanga Bulik ini sangat cocok sebagai latar belakang untuk memperoleh foto yang bagus.

Taman ini akan sangat ramai di sore hari atau di akhir pekan. Inilah salah satu wisata yang dipastikan akan diserbu wisatawan. Taman ala-ala eropa yang hadir di Nanga Bulik, Lamandau.

Bagi kamu yang suka berwisata, tentunya tidak hanya tempat wisata saja yang mampu menarik minat kamu untuk mendatanginya. Tapi juga keseruan berbagai tema festival yang juga digelar di tempat tersebut.

Agar tidak ketinggalan dan mengetahui semua tema festival unik dan menarik di Nusantara, yuk kunjungi website Karisma Event Nusantara dan catat semua tanggal event menarik yang ingin kamu kunjungi. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *