11 Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Populer dan Banyak Diburu

Surabaya adalah ibukota dari provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan tata letak kotanya yang sangat baik. Saat berkunjung ke Surabaya, tentunya tidak sah apabila Anda tidak membawa oleh-oleh khas yang Surabaya yang terkenal sangat enak.

Surabaya dikenal sebagai kota yang menawarkan berbagai macam destinasi wisata menarik. Selain itu, saat berkunjung Anda juga bisa menikmati berbagai macam wisata kuliner yang bisa dijadikan sebagai buah tangan.

Setelah puas berkeliling kota Surabaya, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat guna mendapatkan buah tangan untuk dibawa pulang. Oleh karena itu, dibawah ini telah dirangkum 20 macam oleh oleh khas Surabaya yang wajib Anda bawa pulang.

1. Lapis Kukus Pahlawan

Lapis kukus pahlawan surabaya adalah kue oleh oleh khas surabaya yang saat ini sedang populer dan menjadi favorit wisatawan maupun warga lokal surabaya. Rasanya yang enak dan harganya yang murah menjadi point utama kelebihan kue Lapis kukus pahlawan surabaya ini.

Jajanan yang satu ini merupakan kue modern yang cukup favorit di Surabaya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Kue yang terbuat dari bahan dasar singkong ini menawarkan 7 rasa, yaitu original, brownies, chocopandan, terang bulan, ketan kelapa, blackforest, es teler. Semua varian rasa tersebut disajikan dengan taburan krim dan keju parut diatasnya sebagai topping. Anda bisa mendapatkan jajanan menarik yang satu ini dan menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Selain varian lapis ada juga varian almond tart dengan rasa original, cokelat, keju dan abon. Bagi pecinta kue almond tart, yuk nikmati kelezatan dan kelembutan almond tart dari Lapis Kukus Pahlawan Surabaya dengan varian 3 varian yang lezat dan crunchy di mulut. Pasti bikin kamu ketagihan.

2. Kerupuk Ikan Kenjeran

Daerah kenjeran sendiri sudah cukup terkenal sejak dulu berkat hasil lautnya yang melimpah. Hasil laut tersebut kemudian diolah oleh warga sekitar untuk dijadikan kerupuk yang renyah dan nikmat.

Di daerah kenjeran ini, Anda bisa mendapatkan kerupuk kenjeran yang masih mentah ataupun siap untuk disantap. Ada berbagai variasi dari kerupuk kenjeran yang ditawarkan, mulai dari kerupuk rumput laut, kerupuk kerrang, kerupuk ikan biasa dan juga kerupuk cumi.

3. Kue Mente

Kue yang memiliki ciri khas gurih dan tekstur lembut ini menjadi favorit para wisatawan saat berkunjung ke Surabaya. Apalagi didukung dengan harganya yang relatif murah, sehingga bisa menjadi pilihan Anda untuk membawa kue ini sebagai oleh-oleh.

Kue mente sendiri terbuat dari kacang mete yang dipadukan dengan beberapa bahan dasar roti pada umumnya. Dibuat dengan melalui proses masak konvensional menjadikan kue ini memiliki ciri khas gosong di bagian bawah, sehingga membuatnya lebih renyah.

4. Kue Bikang Peneleh

Kue bikang peneleh adalah salah satu jajanan khas Surabaya yang terbuat dari gula, santan dan juga tepung beras. Perpaduan antara bahan-bahan tersebut membuat kue ini sangat legit saat disantap.

Selain itu, kue peneleh juga memiliki tampilan yang cukup menarik. Pada bagian atas kue ini sengaja diberi warna-warni agar terlihat lebih indah. Untuk harganya sendiri tergolong cukup murah, karena sepotong kue ini hanya dibanderol Rp 7.000.

5. Sirup Mangrove

Daerah Rungkut di Surabaya mempunyai hutan bakau yang cukup luas. Petani sekitar memanfaatkan hasil alam tersebut untuk dijadikan sebagai olahan sirup mangrove.

Sirup ini memiliki campuran rasa, yaitu segar, asam dan manis. Untuk membelinya Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 35.000 setiap botolnya.

6. Oseng Tuna Asap

Oseng tuna asap adalah salah satu makanan olahan dari daging tuna yang banyak dicari di Surabaya. Selain karena nikmati, tuna juga dikenal sebagai ikan yang mengandung kandungan gizi cukup tinggi.

Jajanan ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Surabaya. Anda juga bisa memilih beberapa varian rasa, seperti pedas dan original.

7. Keripik Buah Kane-Kane

Berbeda dengan jajanan pada umumnya, kue yang satu ini terbuat dari berbagai macam buah-buahan. Buah tersebut diolah dengan menggunakan vacuum frying dengan tujuan agar tidak mudah melempem.

Kue ini sangat cocok Anda jadikan sebagai buah tangan karena dibungkus secara modern. Selain itu, harga yang diberikan juga tergolong relatif murah.

8. Belinjo Udang

Belinjo atau biasanya disebut melinjo adalah bahan utama dari emping pada umumnya. Namun di Surabaya, Anda bisa menemukan belinjo yang memiliki rasa udang.

Keripik ini sendiri sudah ada sejak tahun 1970-an, sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa varian, seperti pedas dan manis.

9. Kerupuk Udang Lobster

Pada umumnya, kerupuk dibuat dengan bahan utama udang rebon. Tetapi di Surabaya, Anda bisa menemukan jajanan kerupuk yang terbuat dari udang lobster.

Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, kerupuk berbahan lobster ini mempunyai rasa yang khas. Apalagi lobster juga dikenal sebagai hewan laut yang mengandung gizi cukup tinggi.

10. Bandeng Asap

Seperti kota tepi laut pada umumnya, Surabaya juga menawarkan kuliner khas yang berbahan ikan. Salah satunya adalah bandeng asap yang sudah terkenal sejak dulu.

Berbeda dengan bandeng pada umumnya, disini Anda dapat menikmati bandeng yang memiliki rasa cukup unik. Dalam penyajiannya, bandeng asap lebih nikmati jika ditemani dengan sambal petis.

11. Kopi Bandrek

Bagi pecinta kopi, tentunya Anda tidak akan menyesal berkunjung ke Surabaya. Pasalnya di kota tersebut Anda bisa menemukan kopi yang cukup unik, yaitu kopi bandrek.

Kopi ini dapat Anda beli untuk dijadikan buah tangan, karena dapat bertahan hingga 6 bulan. Meskipun demikian, kopi bandrek tidak menggunakan pengawet buatan sama sekali.

5 Rekomendasi Toko Pusat Oleh-Oleh Khas Surabaya

1. Jalan Diponegoro

Jika Anda bermain ke jalan Diponegoro Surabaya, cobalah mampir ke toko pusat oleh oleh khas Surabaya Lapis Kukus Pahlawan. Di toko ini Anda dapat membeli Lapis Kukus Pahlawan dengan varian rasa yang lengkap. Di hari tertentu juga akan ada promo menarik jika berbelanja di toko tersebut. Selain produk Lapis Kukus Pahlawan Anda juga dapat membeli oleh – oleh khas Surabaya lainnya. Jika ingin berkunjung ke toko Lapis Kukus Pahlawan berikut ini alamat lengkapnya Jl. Diponegoro No.73, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241

2. Pasar Genteng

Pasar yang satu ini sudah sangat terkenal di Surabaya karena memiliki usia cukup lama. Disini Anda bisa mendapatkan berbagai jenis oleh-oleh, mulai dari makanan, hiasan dan cendera mata lainnya. Saat berkunjung ke Surabaya, maka tidak akan sah jika belum mendatangi pasar legendaris satu ini.

3. Pasar Turi

Mempunyai tempat yang strategis menjadikan pasar ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Pasar yang terdiri dari 2 tingkat ini juga menawarkan beragam produk oleh-oleh. Anda bisa menemukan makanan, jajanan ringan dan juga produk khas Surabaya lainnya.

4. Toko Panen Raya

Para pecinta bandeng asap tentunya tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Pasalnya, toko panen raya adalah salah satu toko yang menyediakan sajian bandeng tersebut. Disini Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam produk makanan khas Surabaya lainnya.

5. Dupak Grosir

Selain sajian makanan khas Surabaya, di pasar dupak grosir Anda bisa mendapatkan pakaian dan juga souvenir yang cukup unik. Memiliki produk terlengkap menjadikan pasar ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Pasar dupak grosir juga menawarkan beragam produk dengan harga terjangkau.

Itulah 11 macam oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Anda jadikan buah tangan bagi sanak saudara di rumah. Selain itu, ada juga 5 tempat rekomendasi yang menjual berbagai macam oleh-oleh, mulai dari makanan, pakaian hingga souvenir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *